Diet penyakit lambung pdf

Bahan kimiac. Berlebihnya produksi HCL akan mengiritasi lapisan epitel usus di duodenum sehingga dapat teriritasi dan memicu terjadinya metaplasia perubahan epitel tipe intestin menjadi epitel tipe gaster.

Makanan ini cukup kalori, protein, mineral, vitamin C dan kurang tiamin. Lipase lingualdan gastrik memulai pencernaan lemak dengan menghidrolisis triasilgliserol yang mengandung asam lemak rantai pendek, sedangdan pada umumnya asam lemak tak jenuh rantai panjang untuk membentuk terutama asam lemak bebas dan 1,2- diasilgliserol dengan ikatan sn-3 ester sebagai tempat hidrolisis utamanya.

Enzim lipase yang berperan dalam proses pencernaan lemak di lambung merupakan salah satu komponen getah atau asam lambung. Pylori menyebabkan ketidakseimbangan antara produksi asam atau pepsin dengan produksi mukus, bikarbonat, dan aliran darah.

Penurunan jumlah prostaglandin diduga juga akibat kehadiran helicobacter pylori. Walaupun pencernaan lemak di lambung sangat terbatas karena proses emulsifikasi lemak tidak terjadi di lambung.

Namun para penyelidik berpendapat bahwa komposisi makanan merupakan faktor penting dalam kejadian karsinoma Gaster. Diet Lambung I, diberikan kepada pasien ulkus peptikum akut, ulkus peptikum dengan perdarahan, esofagitis, gastritis akut, dan tifus abdominalis berat.

Dengan terdapatnya asam klorida HCl yang diproduksi lambung, sebelum makanan bereaksi asam, pati sebesar mungkin akan diubah menjadi disakharida. Pengertian Lambung B. Semakin banyak makanan yang masuk maka lambung mendorong dan memeras isinya atau akan melakukan gerak peristaltic semakin lama.

Karbohidrat yang diperoleh mempunyai kandungan zat pati dan zat gula malthosa-sukrosa-laktosa. Hal ini mengharuskan adanya percepatan pengosongan lambung agar lambung dapat istirahat lebih lama dari proses pencernaan, sehingga dibutuhkan diet rendah serat karena konsumsi tinggi serat dapat memperlambat pengosongan lambung.

Itulah sebabnya diet untuk penyakit lambung konsumsi proteinnya tidak boleh terlalu tinggi atau cukup sesuai kebutuhan agar sekresi asam lambungnya tidak meningkat sehingga tidak memperparah keadaan penderita.

Lambung merupakan saluran yang dapat mengembang karena adanya gerakan peristaltik, tekanan organ lain, dan postur tubuh.

Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Makan secara perlahan dilingkungan yang tenang Pada fase akut dapat diberikan makanan parenteral saja selama jam untuk memberi istirahat pada lambung.

Oesteum kariakum Merupakan tempat esophagus bagian abdomen masuk ke lambung. Lokasi bakteri ini akan melindunginya dari sistem imun tubuh dan keasaman lambung.

DIET PENYAKIT LAMBUNG

Enzimini aktif memecah protein dalam bolus menjadi proteosa danpepton yang mempunyai ukuran molekul lebih kecil. Lapisan epitel, merupakan garis pertahanan kedua setelah preepitel dengan memproduksi mucus yang memelihara PH intrasel dan produksi bikarbonat.

Penyakit-penyakit saluran cerna yang terjadi antara lain stenosis esofagus, gastritis akut atau kronik, hematenesis —melena, ulkus peptikum, sindroma dumping, hemoroid, diare dan kostipasi.

Rokok d. Corwin, Elizabeth J. Lactose intolerance disebabkan oleh kurangnya enzim lactase yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna lactose gula susu. Jika penyakit belum menunjukkan tanda penyebaran, pilihan terbaik adalah pembedahan. Ulkus Peptikum Ulkus peptikum merupakan keadaan di mana kontinuitas mukosa lambung terputus dan meluas sampai di bawah epitel.

Jika penderita penyakit lambung atau gastrointestinal mengkonsumsi protein dalam jumlah besar maka sekresi enzim pepsin akan meningkat dimana secara otomatis produksi asam lambung juga akan meningkat.

Diet Penyakit Lambung

Makanan berbebtuk lunak, porsi kecil serta diberikan berupa 3 kali makanan lengkap dan kali makanan selingan.

Melalui gerakan kontraksi lambung, makanan akan dicerna hingga menjadi cair chymus. Mukosa lambung terdiri atas 3 tipe sistem pertahanan: Patologi, dr.GAMBARAN UMUM —– Penyakit lambung atau gastrointestinal meliputi gastritis akut dan kronik, ulkus peptikum, pasca operasi lambung yang sering diikuti dengan ”dumping sindrome” dan kanker lambung.

DIIT PADA PENYAKIT LAMBUNG

Pengaturan Makanan Diet lambung dapat juga diberikan kepada pasien dengan gangguan saluran cerna seperti radang lambung (gastritis) radang oesopagus, radang usus besar, thypus abdominalis, dan setelah operasi saluran cerna.

· Diet lambung II diberikan sebagai perpindahan dari diet lambung I, kepada pasien dengan ulkus pektikum atau gastritis kronis dan tifus abdominalis ringan. Makanan berbentuk lunak, porsi keci serta deberikan berupa 3 kali makanan lengkap dan 2 – 3 kali makanan selingan.

Makanan ini cukup energy, protein, vitamin C, tetapi kurang tiamin. DIET PENYAKIT LAMBUNG. DIET PENYAKIT LAMBUNG 1. PATOFISIOLOGI PENYAKIT LAMBUNG ATAU GASTROINTESTINAL.

Makalah Diet Lambung

Menurut Almatsier (), saluran cerna adalah system yang sangat kompleks dan merupakan saluran yang berfungsi untuk mencerna makanan, mengabsorbsi zat gizi dan mengeksresi sisa-sisa pencernaan.

· Tujuan diet pada penyakit lambung adalah memberikan makanan adekuat (cukup), tidak merangsang, dapat mengurangi pengeluaran cairan lambung, dan menetralkan kelebihan asam lambung. Syarat diet ini adalah mudah dicerna, porsi makanan kecil dan diberikan sering, protein cukup untuk mengganti jaringan yang rusak, serta makanan secara berangsur harus memenuhi kebutuhan.

· diet penyakit lambung Indikasi: Diberikan kepada penderita tukak lambung (sakit maag). Dapat juga diberikan pada penderita radang lambung (gastritis), diare.

Diet penyakit lambung pdf
Rated 5/5 based on 16 review