Metabolisme lemak

Hal ini dibuktikan dengan dijumpainya maltosa, sukrosa dan laktosa dalam urine apabila mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak. Lemak secara khusus menjadi sebutan bagi minyak hewani pada suhu ruang, lepas dari wujudnya yang padat maupun cair, yang terdapat pada jaringan tubuh yang disebut adiposa.

Pengubahan skualen menjadi kolesterol Langkah terakhir sintesis kolesterol Pada reaksi selanjutnya enzim skualen monooksigenase mengubah skualen menjadi skualen 2,3 epoksida. Sedangkan Oksidasi asam lemak yaitu rangkaian atom C dipecah menjadi fragmen 2-C melalui Beta-Oksidasi. Aktifitas enzim lipase pankreas mencapai puncaknya pada pH 8.

Sehingga rasio keduanya harus seimbang.

Penjelasan Proses Metabolisme Lemak Dalam Tubuh

Sementara itu, hasil glikolisis menghasilkan 2 molekul piruvat untuk 1 molekul glukosa. Pada proses ini memerlukan suatu energi yang dapat berupa energi kimia dan dapat pula berupa energi cahaya.

Badan-badan keton dapat menyebabkan gangguan keseimbangan asam-basa yang dinamakan asidosis metabolik. Proses pembentukan ATP inilah yang disebut fosforilasi.

Glikoneogenesis Proses pembentukan glukosa dari senyawa prekursor karbohidrat pada jaringan hewan hatitumbuhan biji dan mikroorganisme Pada hewan prekursor penting dalam glukoneogenesis: Lemak yang menjadi makanan bagi manusia dan hewan lain adalah trigliserida, sterol, dan fosfolipid membran yang ada pada hewan dan tumbuhan.

Metabolisme terdiri dari pembentukan makanan anabolisme dan juga penguraian makanan menjadi senyawa yang lebih sederhana katabolisme. Produksi monosakarida, asam amino dan nukleotida Monosakarida adalah kata yang berasal dari Yunani yang memiliki arti gula sehingga diartikan sebagai senyawa karbohidrat yang paling sederhana.

ATP digunakan sebagai energi dalam mengubah asam amino, monosakarida dan nukleotida menjadi bentuk reaktif 3. Karbohidrat atau Hidrat Arang adalah suatu zat gizi yang fungsi utamanya sebagai penghasil enersi, dimana setiap gramnya menghasilkan 4 kalori.

Kemudian trigliserid dalam kilomikron tadi mengalami penguraian oleh enzim lipoprotein lipase, sehingga terbentuk asam lemak bebas dan kilomikron remnan. Tak hanya itu saja, minuman bersoda juga dapat memberi efek kembung terhadap orang tertentu dan apabila meminumnya terlalu banyak.

Setelah melewati dinding usus, asam lemak dan gliserol ditangkap oleh kilomikron dan disimpan di dalam vesikel.

Karena didalamnya menyangkut organ-organ yang dijadikan tempat mesin untuk membantu menguraikan senyawa-senyawa kompleks karbohidrat, lemak, dan protein seperti lambung, usus halus, hati, dan pancreas.

Pada proses anabolik akan menghasilkan zat yaitu trigliserida, badan keton dan hormon serta second messenger. Dalam proses ini, asetil KoA bertindak sebagai substrat langsung atau bahan utamanya, sedangkan palmitat sebagai produk akhirnya.

Glukosa diubah menjadi karbohidrat lain misalnya glikogen untuk simpanan, ribose untuk membentuk asam nukleat, galaktosa dalam laktosa susu, bergabung dengan lipid atau dengan protein, contohnya glikoprotein dan proteoglikan. Gliserol 3-fosfat yang sudah tersedia baik dari fosforilasi gliserol maupun dari jalur glikolisis akan ditambahkan dengan grup asil.

Pada tahapan ini, asam piruvat 3 atom C hasil glikolisis dari sitosol diubah menjadi asetil koenzim A 2 atom C di dalam mitokondria. Asam amino esensial dapat disintesis oleh tubuh namun tetap diperlukan asupan dari makanan untuk menjaga keseimbangan asam amino tersebut di dalam tubuh Burnama, Oksalo asetat berasal dari asam piruvat.

Grup asil lainnya akan ditambahkan pada asam lysofosfatdat untuk membentuk asam fosfatidat. Setelah jumlah residu terminal yang non reduktif bertambaah, jumlah total tapak reaktif dalam molekul akan meningkat sehinggaa akan mempercepat glikogenesis maupun glikogenolisis Mulasari dan Tri, Emulsifikasi Lemak Tahap pertama dari digesti lemak ialah memecahkan globulus lemak kedalam ukuran yang lebih kecil sehingga enzim-enzim lipolitik yang larut dalam air dapat bekerja pada permukaan globulus.

METABOLISME LEMAK

Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energi. Katabolisme Katabolisme memiliki dua fungsi, yang pertama sebagai penyedia bahan baku suatu proses sintesis yang dilakukan molekul lain.

Lemak dapat digunakan sebagai sumber energi yang akan menggantikan glukosa dari karbohidrat.

Pengertian dan Bagaimana Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

Karnitin akan dilepaskan ke sitoplasma untuk digunakan kembali. Penggunaan Protein Untuk Energi 1. Fungsi utamanya sebagai sumber enersi 1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori bagi kebutuhan sel-sel jaringan tubuh.

Gliserofosfolipid adalah molekul amfipatik mengandung wilayah hidrofobik dan hidrofilik yang mengandung inti gliserol yang terkait dengan dua "ekor" turunan asam lemak oleh ikatan-ikatan ester dan ke satu gugus "kepala" oleh suatu ikatan ester fosfat.May 07,  · Tugas Presentasi Kelas C Fakultas Farmasi UGM-- Created using Powtoon -- Free sign up at laurallongley.com -- Create animated videos and an.

Metabolisme Lemak pada Tubuh Gloria Stefanie Ferdian Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana Jl. Arjuna Utara No.6 Kebon jeruk, Jakarta Barat Email: [email protected] Abstrak Metabolisme lemak adalah proses internal untuk menghancurkan asam lemak.

Metabolisme lemak merupakan serangkaian reaksi kimia mencakup reaksi pembentukan dan reaksi penguraian lemak di dalam tubuh. Kita mendapatkan lemak dari tumbuhan dan juga hewan. Metabolisme lemak berlangsung pertama kali pada sistem pencernaan. Metabolisme Lemak adalah mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak.

Gliserol mengikuti jalan metabolisme glukosa.

Metabolisme Lemak

Sedangkan Oksidasi asam lemak yaitu rangkaian atom C dipecah menjadi fragmen 2-C melalui Beta-Oksidasi. Proses ini menyangkut pertautan koenzim A pada gugusan Karboksil (COOH) akhir dari molekul asam laurallongley.com: Yapin Nasution. Oct 08,  · metabolisme lemak 1. 11 kuliahkuliah metabolisme lemakmetabolisme lemak dr zulbadar panil, med biochdr zulbadar panil, med bioch bagian biokimia fakultasbagian biokimia fakultas kedokterankedokteran universitas baiturrahmahuniversitas baiturrahmah 2.

2 3. proses metabolisme lemak Proses pencernaan lemak di dalam tubuh dimulai di dalam mulut yaitu dikunya, dan dicampur dengan air ludah, dan dicampur dengan enzim lipase lingual yang terdapat di dalam kelenjar air liur. setelah itu lemak masuk ke dalam esofagus dan didalam esofagus lemak tidak .

Metabolisme lemak
Rated 0/5 based on 78 review